Saturday, September 7, 2013

Geometrical Dimensioning & Tolerancing

Pendahuluan


GD&T singkatan dari Geometris Dimensi dan Toleransi. Ini adalah sistem simbol, aturan dan definisi yang digunakan untuk menentukan geometris, dimensi dan batasan toleransi dari suatu komponen (Part)Salah satu syarat sebuah desain atau gambar adalah harus dapat dimengerti dan diproduksiDesain terbaik di dunia sekalipun tidak ada gunanya jika tidak dapat diproduksi. Itulah mengapa perlu didalam merancang suatu produk Design Engineer, Process Engineer dan Quality Engineer terlibat didalam menentukan dan merumuskan persyaratan yang ditempatkan pada suatu desain. Ketika mereka tidak terlibat, gambar sering memiliki toleransi yang terlalu ketat dan menghasilkan bagian non-producible. Setidaknya tidak producible pada tingkat kualitas, biaya dan ketepatan waktu yang diharapkan oleh industri. Disinilah GD&T berperan sebagai media komunikasi (Bahasa) yang dijadikan standard acuan didalam industrial manufacturing process.
GD&T adalah suatu metode pendefinisian suatu bentuk objek terhadap dimensi yang dimilikinyaUnsur utama yang harus di dipahami oleh para engineer adalah Geometridimana geometri didalam GD&T merupakan bentuk obyek yang direpresentasikan sebagai pandangandimana objek akan terlihat bila dilihat dari berbagai sudutseperti depanatassampingdan lain-lain.

Secara umum berdasarkan ISO 8015 pengaplikasian GD&T menitik beratkan hubungan antara Toleransi Dimensional (Dimensional Tolerances) dan Toleransi Geometrik (Geometrical Tolerances) yang meliputi pengaplikasian pada :

  • Dimensi Linier danToleransi-nya (Linier Dimensions and their Tolerances).
  • DimensiSudutdanToleransi-nya (Angular Dimensions and their Tolerances).
  • Toleransi Geometri (Geometrical Tolerances).

Didalam mengkaji bahasan tentang Dimensi Linier (Linier Dimension), Dimensi Sudut (Angular Dimension) dan Toleransi Geometris (Geometrical Tolerances) maka terdapat 4 bahasan utama yang perlu kita perhatikan yaitu :

  • Ukuran (Size)
  • Bentuk (Form)
  • Orientasi (Orientations), dan
  • Lokasi (Locations)

Manfaat dari penerapan GD&T
  • Menghilangkan ambiguitas dengan menerapkan simbol universal diterima semuapihak (engineer).
  • Menggunakan datums dan sistem datum untuk menetapkan persyaratan dimensi sehubungan dengan bagian interface. 
  • Menentukan dimensi dan toleransi terkait didasarkan pada hubungan fungsional. Mengutarakan persyaratan toleransi dimensi menggunakan metode yang mengurangi akumulasi toleransi. 
  • Memberikan informasi yang dapat digunakan untuk mengendalikan perkakas dan perakitan.


Geometris

Suatu komponen atau produk pada dasarnya terbentuk dari penggabungan beberapa bentuk geometris baik itu berupa rectangle, cylinder, circle dan lain sebagainya yang kemudian yang kemudian didesain menjadi satu bagian utuh dari suatu bentuk obyek atau benda.

Secara sederhana pengertian Geometris didalam GD&T adalah suatu pengetahuan mengenai dimensi bentuk suatu benda yang terdiri atas penggabungan beberapa dimensi bentuk yang kemudian diinterprestasikan kedalam bentuk proyeksi desain/gambar 2D.

Mengapa suatu obyek atau benda kerja harus diinterprestasikan dalam bentuk 2D…???, jawabnya adalah agar suatu dimensi bentuk dari suatu obyek atau benda bisa diberikan nilai ukuran sehingga suatu obyek atau benda dapat di bentuk menjadi sebuah benda kerjaOleh karenanya pendimensian menjadi hal yang tidak terpisahkan didalam GD&T.




Dasar-dasar pemahaman GD&T
Geometris dapat diartikan secara sederhana adalah bentuk dari obyek desain atau part yang terdiri atas satu atau gabungan dari beberapa bentuk geometris dasar dari suatu obyek desain atau part. Bentuk-bentuk dasar dari geometri suatu obyek desain atau part dapat dilihat pada gambar dibawah ini.
Suatu element pada dasarnya terbentuk dari penggabungan beberapa dimensi bentuk baik itu berupa rectangle, cylinder, circle dan lain lain yang kemudian menjadi satu bagian utuh dari suatu bentuk obyek atau benda.

Jadi kalau kita sederhanakan Geometris didalam Mechanical Design adalah suatu pengetahuan mengenai dimensi bentuk suatu benda yang terdiri atas penggabungan beberapa dimensi bentuk yang kemudian diinterprestasikan kedalam bentuk desain/gambar 2D.

Mengapa suatu obyek atau benda kerja harus diinterprestasikan dalam bentuk 2D, jawabnya adalah agar suatu dimensi bentuk dari suatu obyek atau benda bisa diberikan nilai ukuran sehingga suatu obyek atau benda dapat di bentuk menjadi sebuah benda kerja. Untuk merepresentasikan bentuk suatu obyek desaindigunakanlah proyeksi dimana obyek desain dalam bentuk 3D diproyeksikan menjadi bentuk 2D.


Gambar Proyeksi

Proyeksi adalah proses pemindahan bentuk obyek gambar berdasarkan arah pandangannya (sudut pandangkedalam sketsa 2D. Gambar proyeksi merupakan dasar menggambar teknik untuk menyatakan bentuk dan ukuran suatu obyek atau benda dalam format 2D.

Fungsi proyeksi meliputi:
  • Untuk mendapatkan ukuran garis yang sebenarnya  
  • Untuk menggambarkan bentuk yang sebenarnya


  • Untuk membuat gambar kerja

Referensi :
  1. Saryanto, H. " Geometrical Dimensioning & Tolerancing". Mater of GD&T Training Program for "Schneider Electric". Jakarta 2013.



No comments:

Post a Comment