Saturday, December 6, 2014

Panduan dasar gambar teknik menggunakan Solidworks 2013

Teori Dasar Gambar Teknik

1.1     Pendahuluan

Sebuah gambar teknik digunakan untuk menggambarkan secara utuh dan jelas setiap detail dari komponen-komponen yang tengah dirancang. Sebuah aktivitas desain didalam dunia engineering tidak hanya sekedar proses gambar yang sederhana, akan tetapi ia adalah suatu aktivitas pendokementasian secara detail atas suatu ide kedalam format gambar, dimana proses pendokumentasian ini (Proses desain) harus mampu mengkomunikasikan setiap informasi yang dibutuhkan dari seorang Mechanical Design Engineer ke pembuat komponen (obyek desain) tersebut. Karena gambar atau desain didalam Mechanical Engineering Design adalah sebuah alat komunikasi, oleh karenanya, selayaknya penggunaan sebuah bahasa maka ia haruslah memiliki aturan dan keseragaman, hal ini dimaksudkan agar sebuah gambar atau desain yang dihasilkan tidak memiliki pemahaman yang berbeda-beda. Sebelum kita masuk kepada pembahasan mengenai metode pendesainan menggunakan software aplikasi Solidworks, maka disini penulis akan terlebih dahulu memaparkan pemahaman yang menjadi prinsip dasar didalam Mechanical Engineering Design.

1.2    Geometri
Geometri berasal dari bahasa Yunani yaitu geo yang artinya bumi dan metro yang artinya mengukur. Sementara Geometri didalam Mechanical Design adalah bentuk dari suatu obyek yang memiliki karakteristik bentuk tertentu baik berupa bentuk persegi, lingkaran, bulat, bulat memanjang, bulat mengkerucut dan lain-lain, dimana secara umum terdapat 6 bentuk dasar Geometri seperti yang ditunjukan oleh gambar dibawah ini.



Fitur-fitur Aplikasi dasar pada Solidworks 2013

2.1.    Pendahuluan
Pada Bab ini kita akan mulai membahas tentang bagaimana mengawali pengoperasian software aplikasi Solidworks untuk proses perancangan dan proses desain dalam 2D dan 3D. SolidWorks merupakan perangkat lunak untuk proses perancangan berbasis computerisasi yang menggunakan prinsip feature-based, parametric dan mechanical design automation software. Hal ini memungkinkan seorang engineer untuk membuat sketsa 2D dan melanjutkannya hingga kebentuk model solid 3D dengan mudah.  Secara garis besar, SolidWorks untuk desain produk terbagi menjadi 3 bagian:



Teknik membuat sketsa pada Solidworks 2013

3.1. Pendahuluan

Proses sketsa (sketching) adalah dasar dari proses pemodelan pada Solidworks, setiap pemodelan 3D yang dilakukan pada Solidworks selalu diawali dengan proses sketsa, oleh karenanya pengetahuan dasar akan proses sketsa pada Solidworks adalah hal yang harus dipahami secara lebih detil dan tentu saja pada bab ini nantinya kita akan mempelajari teknik sketching yang praktis dan efisien agar proses pemodelan yang kita lakukan bisa dilakukan dengan efisien dan praktis. Proses sketsa pada Solidworks dapat dilakukan untuk proses sketsa dalam format 2D dan juga proses sketsa dalam format 3D. 


Teknik Dasar Pemodelan 3D pada Solidworks 2013

4.1. Pendahuluan
Suatu komponen mesin pada dasarnya terbentuk dari penggabungan beberapa dimensi bentuk baik itu berupa persegi panjang (rectangle), silindris (cylinder), lingkaran (circle) dan lain lain yang kemudian direkayasa kedalam bentuk tertentu sehingga menjadi satu bagian utuh dari suatu bentuk obyek atau benda. Oleh karenanya pada kesempatan kali ini kita akan terlebih dahulu mempelajari tahapan teknik-teknik dasar pemodelan 3D terhadap bentuk-bentuk dasar dari geometri seperti gambar dibawah ini.


Perancangan komponen-komponen mesin dalam 3D

5.1. Pendahuluan
Pada BAB ini kita akan mempelajari proses perancangan komponen-komponen mesin mulai dari komponen-komponen dengan bentuk yang sederhana hingga komponen-komponen dengan bentuk yang rumit dan detail sesuai dengan fungsi dari komponen-komponen tersebut nantinya ketika ia dirakit menjadi mesin secara keseluruhan. Baiklah untuk mempersingkat kata, kita langsung saja memulai proses perancangan komponen-komponen mesin dalam 3D yang nantinya akan dijelaskan secara detail dalam BAB ini.

5.2. Perancangan komponen mesin dengan bentuk-bentuk sederhana
Dengan mempelajari dan mengikuti setiap intruksi kerja dari proses pemodelan yang akan dijelaskan secara mendetil maka, diharapkan setelah mempelajari tahapan proses pemodelan yang dijabarkan didalam bab ini anda akan dapat melakukan perancangan setiap komponen-komponen mesin sesuai dengan bentuk dan dimensi yang diinginkan.

5.2.1   Teknik pemodelan 3D untuk bentuk Part sederhana 1
Untuk pembelajaran pertama kita akan membuat sebuah komponen dengan bentuk yang sederhana 

No comments:

Post a Comment